Kamis, 28 Februari 2013

BOLA VOLI

1. Pengertian Bola Voli

    Permainan bola voli adalah suatu cabang olahraga berbentuk memvoli diudara bolak-balik diatas jaring/net dengan maksud dapat menjatuhkan bola di dalam petak lapangan lawanuntuk mencari kemenangan.

2. Lapangan dan Daerah Permainan Bola Voli


a. Daerah Permainan

1) Ukuran Lapangan 
 Lapangan permainan berbentuk empat persegi panjang dengan panjan 18 m dan lebar 9 m. lapangan dikelilingi oleh daerah bebas selebar 3 m dengan suatu penghalang setinggi 7 m dari permukaan lapangan permainan.

2) Garis-garis Lapangan 
- dua garis samping dan dua garis akhir menandai batas-batas lapangan permainan.
- garis tengah atau poros membagi lapangan permainan menjadi dua petak lapangan dan masing-masing berukuran 9 x 9 m.
- semua garis lapangan lebarnya 5 cm, harus berwarna terang, dan berbeda warna dari warna lantai ataupun garis lainnya.

3) Daerah Lapangan Permainan
a. Daerah Depan
b. Daerah Servis
c. Daerah Pergantian
d. Daerah Pemanasan

b. Net dan Tiangnya

1) Net
Lebar net 1 m dan panjangnya 9,50 m dipasang secara vertikal di atas poros/garis tengah lapangan. mata jala dari net berukuran 10 cm persegi dan berwarna hitam. Tepian net diberi pita horizontal selebar 5 cm.

2) Antena
Antena ialah tongkat yang lentur dengan panjang 1,80 m dan diameter 10 mm.

3)  Tinggi Net
Tinggi net untuk putra adalah 2,43 m dan untuk putri 2,24 m.

4) Tiang Net
Tiang yang menunjang net harus bulat dan licin dengan ketinggian 2,55 m. Tiang harus didirikan secara kuat dilantai dengan jarak 0,50-1 m dari setiap garis samping.

5) Perlengkap Tambahan
Segala perlengkapan tambahan ditetapkan oleh peraturan FIVB.

c. Bola

a) warna : seragam dan terang
b) keliling : 65-67 cm
c) berat : 200-280 gram
d) tekana udara : 0,30-0,325 kg/cm atau 294,3-318,82 mbar.



2) Keseragaman Bola

Keliling, berat, tekanan udara, tipe (bentuk), warna, dan sebagainya untuk semua bola yang dipergunakan dalam suatu pertandingan harus sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh FIVB.

3) Sistem Tiga Bola

Dalam kompetisi internasional yang resmi, diprgunakan tiga bola. Selain itu, harus ada enam penjaga bola, yaitu seorang ditempatkan di setiap sudut daerah bebas dan dua rang di belakang para wasit.

3. Peraturan Permainan Bola Voli

a. Regu

1)      Satu regu terdiri dari maksimal 12 pemain, seorang pelatih (coach), seorang asisten pelatih, sorang trainer, dan seorang dokter medis.
2)      Setiap regu berhak untuk mendaftarkan satu pemain khusus bertahan yang disebut libero.
3)      Pemain libero harus harus terdaftar pada lembaran angka dan di belakang namanya ditulis hruf “L”.
4)      Hanya pemain yang terdaftar pada lembaran angka yang boleh ikut serta dalam pertandingan dan tidak boleh diganti.
5)      Kapten regu harus dinyatakan pada lembaran angka.
6)      Kapten regu ditandai dengan pita berukuran 8x5 cmdan berwarna lain daripada kostum yang mendasari nomor pada dadanya.
7)      Jika kapten regu diganti atau meninggalkan lapangan, pelatih atau kapten regu itu sendiri harus menunjuk pemain lain untuk bertindak sbagai kapten permainan.

b. Perlengkapan Para Pemain

1)      Perlengkapan pemain terdiri dari baju, celana pendek, dan sepatu olahraga yang berwarna sama untuk satu regu, kecuali untuk pemain libero.
2)      Nomor baju dendan ketentuan sebagai berikut :
a)      Baju pemain harus benomor dari sampai dengan 18.
b)      Nomor harus ditempatkan pada bagian tengah depan dan belakang.
c)      Nomor harus berwarna kontras dengan baju, berukuran 15 cm pada bagian dada, dan 20 cm pada bagian penggung. Lebar garis yang membentuk nomor minimal 2 cm.

3)      Wasit pertama dapat mengizinkan seorang atau lebih pemain untuk :
a)      bermain tanpa sepatu; dan
b)      mengganti baju yang basah di antara set atau setelah pergantian.


c. Sistem Pemberian Angka

1)      Untuk Memenangkan Pertandingan
a)  Suatu pertandingan dimenangkan oleh regu yang memenangkan tiga set.
            b)   Memenangkan reli poin pada setiap setnya dan pada set penentunya dengan meraih angka 25, memimpin selisih dua angka ataw lawannya jika terjadi angka sama, dan tidak terbatas.

2)      Untuk Memenangkan Suatu Set
            Suatu set dimenagkan oleh regu yang lebih dahulu meraih angka 25 dengan memimpin minimal 2 angka atas lawannya. Dalam keadaan sama 24-24, permainan dilanjutkan sampai ada satu regu memipin 2 angka atas lawannya (24-26, 25-27) sampai tidak terbatas.

      3)   Cara Memperoleh Angka
      a)   Ketika bola menyentuh lantai di area permainan atau karena kesalahan yang diperbuat pemain, tim yang tidak melakukan kesalahan memperoleh poin tanpa memperhatikan tim tersebut sedang memegang servis atau tidak.
      b)   Tim yang memperoleh poin berhak melakukan servis untuk melanjutkan pertandingan. Kalu tim yang memperoleh poin sebelumnya telah memegang servis, pemain yang sama melakukan kembali. Kalau tim yang memperoleh poin tidak sedang memegang servis, pemain lain pada tim tersebut memutar posisi mereka sesuai arah jarum jam.


3)      Kesalahan-kesalahan dalam Pertandingan
a)      Bola dinamakan lebih dari 3 kali oleh suatu tim sebelum dikembalika ke tim lawan.
b)      Bola jatuh di luar area permainan, di area tim yang menyentuh bola terakhir kali, dan karena bola menyentuh antenna net.
c)      Pemain yang sama menyentuh bola 2 kali.
d)     Seorang pemain menyentuh net dengan bagian tubuh atau pakaian manapun saat memainkan bola.
e)      Seorang pemain mengangkat atau membawa bola secara sengaja.
f)       Pemain libero yang seharusnya bertugas bertahan, melakukan pukulan serangan.
g)      Servis dilakukan lebih dari 8 detik.


* Sejarah Bola Voli *

Permainan bola voli diciptakan oleh William G. Morgan pada tahun 1895. Beliau adalah seorang Pembina pendidikan jasmani pada organisasi Young Men’s Association (YMCA) di kota Massachusetts, Amerika Serikat. Pada mulanya, permainan bola voli diberi nama mintonette, di mana permainannya hamper serupa dengan permainan badminton. Jumblah permainanya tidak terbatas sesuai dengan tujuan semula, yaitu untuk mengembangkan kesegaran pada buruh, selain untuk bersenam umum.

Kemudian, permainan ini diubah menjadi vollyboll yang artinya memvoli bola secara bergantian. Pada tahun 1892, YMCA berhasil mengadakan kejuaraan nasional bola voli di Amerika Serikat. Pada tahun 1947, untuk pertama kalinya permainan bola voli dipertandingkan di Polandia.pada tahun 1948 dibentuk organisasi bola voli dunia dengan nama IVBF (International Volley Ball Federation) dengan beranggotakan 15 negara dan berpusat di Paris.

Permainan bola voli di Indonesia berkembang sangat pesat di seluruh lapisan mesyarakat, sehingga timbul klub-klub di kota-kota besar di seluruh Indonesia. Dengan dasar itulah, maka pada tanggal 22 Januari 1955 dibentuk PBVSI (Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia) di Jakarta, bersamaan dengan kejuaraan nasional pertama. Sejak Pekann Olahraga Nasional (PON) ke-2 di Jakarta, bola voli secara resmi dimasukkan ke dalam salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar